Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

SOSIALISASI PRODI DAN JURUSAN FAKULTAS SYARIAH

SOSIALISASI PRODI DAN JURUSAN FAKULTAS SYARIAH

Menjelang berakhirnya tahun ajaran 2016-2017, Fakultas Syariah kembali mengadakan sosialisasi Jurusan dan Program Studi ke berbagai sekolah menengah atas di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Sosialisasi diadakan pada rentang waktu Februari-April. Sosialisasi kali ini melibatkan para pimpinan di fakultas Syariah khususnya para ketua Jurusan dan Ketua Program Studi.

Bani Syarif Maula, selaku Ketua Panitia Sosialisasi, mengatakan bahwa sosialisasi kali ini lebih menitikberatkan pada sekolah-sekolah yang berbasis keagamaan baik negeri maupun swasta. Hal tersebut didasarkan pada pertimbangan bahwa secara keilmuan sangat sesuai jika alumni sekolah keagamaan (MAN/MA) melanjutkan ke perguruan tinggi Islam. Selain itu, panitia sosialisasi juga berharap dengan sosialisasi ini akan diperoleh input mahasiswa syariah yang berkualitas.

“Kami ingin agar calon peserta didik yang nantinya masuk ke Syariah sudah tidak awam lagi dengan ilmu-ilmu keislaman. Apalagi keilmuan yang dipelajari di Syariah sebagain besar adalah ilmu-ilmu yang berbasis pada literatur klasik yang berbahasa Arab. Oleh karenanya, kami menyasar sekolah-sekolah yang berbasis kegamaan, lebih khusus lagi yang berada pada lingkungan pesantren sehingga mudah-mudahan yang masuk ke syariah adalah para bibit unggul yang menguasai ilmu keislaman,” lanjut sosok yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Syariah itu.

Dengan pertimbangan tadi, panitia akhirnya menetapkan 8 (delapan) sekolah untuk didatangi secara langsung yakni MAN 1 Banyumas, MA Al-Falah Jatilawang, MAN Kroya, MaN Purbalingga, MA Tanbighul Ghafilin Banjarnegara, MAN 2 Kebumen, MA Al-Hikmah 1 Benda, dan MA Al-Hikmah 2 Benda.

Di masing-masing sekolah tersebut, Tim Sosialisasi menyampaikan profil Jurusan dan Program Studi yang ada di fakultas syariah, konsentrasi keilmuannya dan prospek lulusan yang dihasilkan. Di antara hal yang disampaikan oleh Tim adalah terkait perubahan gelar lulusan Fakultas Syariah yang saat ini sudah sama dengan lulusan fakultas Hukum pada umumnya yakni Sarjana Hukum (S.H.).

Selain itu Tim Sosialisasi juga membagikan brosur profil Fakultas Syariah dan memberikan kontak untuk pendampingan sampai dengan diterima sebagai mahasiswa Syariah.(ay)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply