Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

  • PBAK Fakultas Syariah

SOSIALISASI FAKULTAS SYARIAH

SOSIALISASI FAKULTAS SYARIAH

Pasca perubahan status Jurusan Syariah STAIN Purwokerto menjadi Fakultas Syariah IAIN Purwokerto, unsur pimpinan dan civitas akademika fakultas gencar mensosialisasikan keberadaan Fakultas Syariah pada masyarakat luas. Selama bulan April 2016, Fakultas Syariah mengagendakan sosialisasi ke sekolah-sekolah setingkat SMA di wilayah Purwokerto dan kabupaten/kota disekitarnya antara lain Kabupaten Cilacap, Banjarnegara, Brebes,dan Tegal.

Sosialisasi ini dlaksanakan dalam rangka mengenalkan Fakultas Syariah IAIN Purwokerto dan program studi yang ada di dalamnya kepada masyarakat luas khususnya para siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di wilayah Jawa Tengah bagian Barat, IAIN Purwokerto, dalam hal ini Fakultas Syariah, menawarkan system pendidikan Islam yang fokus pada studi hukum Islam dengan karakteristik yang tidak dimiliki Perguruan Tinggi lain.

Saat ini Fakultas Syariah IAIN Purwokerto telah memiliki 3 (tiga) tiga Jurusan yaitu 1) Jurusan Ilmu-ilmu Syariah terdiri program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Perbandingan Mazhab (PM), 2) Jurusan Hukum Pidana dan Politik Islam dengan program studi Hukum Tata Negara Islam (HTNI), dan 3) Jurusan Muamalah, terdiri dari program studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Zakat Wakaf (ZAWA). Dengan adanya kelima program studi ini, Fakultas Syariah diharapkan dapat menjadi kawah candradimuka yang akan menggodok para peserta didik menjadi ahli hukum Islam baik sebagai akademisi yang mumpuni maupun praktisi yang profesional.

_MG_0008

Sosialisasi di SMA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara

Dalam sosialisasi ini dijelaskan di antaranya focus keilmuan fakultas syariah secara umum dan masing-masing program studi secara khusus, juga disampaikan prospek lapangan kerja bagi lulusan nantinya. “Kami berharap dengan sosialisasi ini Fakultas Syariah lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga lebih banyak yang tertarik untuk bergabung bersama-sama belajar dan mengembangkan keilmuan syariah”, tutur Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Syufa’at, M.Ag. yang juga ikut terjun melakukan sosialisasi.

IMG-20160426-WA0004

Sosialisasi di SMA Al-Hikmah Benda, Brebes

Dari berbagai tempat yang didatangi oleh tim sosialisasi, respon para siswa cukup baik dan tampak sangat antusias dan penasaran dengan Fakultas Syariah. Mereka mengajukan banyak pertanyaan terutama terkait bidang kajian pada masing-masing prodi dan prospek lulusannya.

_MG_0078

Tim sosialisasi berfoto bersama dengan guru dan para siswa di MAN Cilacap

Selain sosialisasi secara langsung ke sekolah-sekolah, Fakultas Syariah juga menyediakan brosur dan pamflet yang berisi informasi pendaftaran yang dapat diperoleh di kantor Administrasi Fakultas Syariah.(aye)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply