Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

HMJ Muamalah Adakan Sekolah Menulis Essay

HMJ Muamalah Adakan Sekolah Menulis Essay

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Muamalah belum lama ini mengadakan sekolah menulis essay. Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah 51 orang mahasiswa baru dari berbagai jurusan yang ada di IAIN Purwokerto. Kegiatan tersebut bertempat di lantai lima gedung rektorat. Menurut panitia penyelenggara, kegiatan tersebut dilatarbelakangi kegelisahan sebagain mahasiswa yang belum paham bagaimana menulis essay.

“Banyak mahasiswa baru yang bertanya kepada saya bagaimana cara membuat essay dengan baik. Sebagai bentuk tanggungjawab kami sebagai pengurus lembaga kemahasiswaan, maka kami adakan sekolah menulis essay” ujar M. Nadif Nasrulloh, ketua HMJ Muamalah.

Disamping alasan di atas, penulisan essay tersebut juga sebagai syarat pengambilan sertifikat keiikutsertaan dalam kegiatan PBAK IAIN Purwokerto.

Acara tersebut menghadirkan pembicara Yanwi Mudrikah, Dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesia dan Kajian Sastra Indonesia di beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Purwokerto. Ia mengupas tuntas mengenai essay mulai dari pengertian, perbedaan antara essay dengan artikel ilmiah, hingga tips dan trik membuat essay dengan mudah dan benar.

Selain memberikan materi tentang essay, sosok yang fokus dalam dunia kesastraan ini juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru akan pentingnya mahasiswa untuk produktif menulis. “Mahasiswa tanpa menulis itu aneh” ujarnya. “Sesuatu yang jarang dilakukan akan sulit. Semakin sering mengolah kata semakin mundah untuk membuat essay” tambahnya.

Menurutnya mahasiswa yang hebat bukan berasal dari perguruan tinggi negri terkenal, namun hal itu tumbuh dari dirinya sendiri. Melalui kesanggupan usaha dan niat sebagai tameng akan tingginya idealis mahasiswa yang mudah juga hilang semangatnya itu. Sebagai penulis pemula, mahasiswa baru masih dapat untuk meniru gaya kepenulisan dari penulis senior, bukan berarti meniru persis. Kegiatan sekolah menulis essay tersebut dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Pertemuan pertama fokus terhadap materi dari essay. Pertemuan kedua lebih memfokuskan peserta untuk dapat praktek dan evaluasi dari pemateri.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply