Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

  • PBAK Fakultas Syariah

Genjot Kualitas Pendidikan, Fakultas Syariah Adakan Workshop E-Learning Bagi Dosen

Genjot Kualitas Pendidikan, Fakultas Syariah Adakan Workshop E-Learning Bagi Dosen

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Fakultas Syariah mengadakan workshop e-learning yang ditujukan untuk para dosen di lingkungan Fakultas Syariah. Workshop yang dilaksanakan pada Selasa, 15 Mei 2018 tersebut dimaksudkan sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar seiring perkembangan zaman.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah Dr. H. Syufa’at M.Ag. mengatakan bahwa saat ini sedang pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan sedang dimaksimalkan. Salah satu di antaranya adalah bagaimana agar materi ajar dari dosen, termasuk silabus dan RPS, bisa diakses oleh mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa dapat secara optimal mendapatkan materi sesuai yang disampaikan dosen yang biasanya agak sulit diperoleh karena keterbatasan media.

Bertempat di Laboratorium Komputer Fakultas Syariah, workshop tersebut menghadirkan narasumber Teguh Cahyono, M.Kom, seorang pakar IT untuk menularkan kemampuan memanfaatkan teknologi dan informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Ia memaparkan beberapa alternatif pengelolaan media teknologi dan informasi untuk kegiatan pembelajaran yang lazim dikenal dengan e-learning.

“Intinya dengan sistem e-learning ini kita akan lebih mudah dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, efektifitas kegiatan belajar menjadi lebih tinggi tidak lagi terhambat oleh ruang dan waktu,” tandasnya.

Usai mengikuti workshop, para dosen mengaku mendapatkan hal yang sangat bermanfaat. Mereka menyatakan akan mulai menerapkan e-learning dalam kegiatan belajar mengajar.

Hasanudin, dosen prodi HES, mengaku banyak manfaat yang didapat dari workshop tersebut. “Ya Alhamdulillah para dosen jadi lebih paham bagaimana menerapkan e-learning dalam kegiatan belajar mengajar. Saran saya, masing-masing unsur baik dosen maupun mahasiswa harus bersama-sama memanfaatkan e-learning ini dengan baik agar kualitas belajar mengajar bukan hanya menjadi lebih mudah, tapi juga diiringi dengan kualitas yang meningkat,” tuturnya.(Ay/jx)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply