Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

Dosen dan Mahasiswa Adakan Edukasi Politik dan Hukum Bagi Masyarakat

Dosen dan Mahasiswa Adakan Edukasi Politik dan Hukum Bagi Masyarakat

Mahasiswa dan Dosen Fakultas kembali bersinergi mengadakan kegiatan ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan bertajuk “Edukasi Politik dan Hukum” tersebut dilaksanakan pada Minggu, 28 Oktober 2018 di Desa Banjarparakan, Rawalo, Banyumas. Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Eva Mir’atun Niswah, S.H.I., M.H., Dosen Fakultas Syari’ah IAIN Purwokerto. Tujuan diselenggarakannya kegiatan Edukasi Politik dan Hukum yakni antara lain meningkatkan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya partisipasi politik. Selain itu, sesuai namanya kegiatan tersebut juga menyosialisasikan perlunya mengenal hukum yang telah disepakati dalam masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Pidana dan Politik Islam (HMJ-HPPI) ini memilih Desa Banjarparakan mengingat Desa Banjarparakan merupakan salah satu desa dengan tingkat partisipasi politik yang relatif rendah pada Pilkada 2018.

Dalam pemaparannya, Eva menyampaikan materi mengenai pentingnya kesadaran hukum dalam kehidupan bermasyarakat. Warga terlihat sangat antusias mengikuti materi yang notabene merupakan solusi dari masalah-masalah yang biasa terjadi pada kehidupan sehari- hari. Warga yang menjadi peserta banyak yang melontarkan beberapa pertanyaan hingga menghabiskan dua sesi pertanyaan yang masing-masing terdiri dari tiga orang penanya. Hal-hal yang ditanyakan warga diantaranya mengenai bagaimana agar selamat dari pungutan liar ketika menemui operasi kendaraan bermotor, bagaimana akses warga masyarakat umum untuk mengetahui hukum, serta cara-cara efektif untuk menyadarkan masyarakat lainnya akan pentingnya berpartisipasi dalam pemilu dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dinilai masyarakat sepele namun ternyata berpotensi mendapatkan hukuman jika dilaporkan. (Ay.Jx)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply