Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

  • PBAK Fakultas Syariah

Ciptakan Lulusan yang Siap Kerja, Fakultas Syariah Adakan Pembekalan Magang Profesi

Ciptakan Lulusan yang Siap Kerja, Fakultas Syariah Adakan Pembekalan Magang Profesi

Sepekan sebelum dilaksanakannya Magang Profesi, Fakultas Syariah mengadakan pembekalan bagi para mahasasiwa calon peserta pada 3 Februari 2018 . Sejumlah 96 orang mahasiswa berkumpul di ruang pertemuan Fakultas Syariah untuk menerima materi pembekalan dari para praktisi.

Narasumber yang dihadirkan merupakan para praktisi yang sudah lama menggeluti bidangnya masing-masing. Dua orang narasumber dihadirkan dari dua bidang yang berbeda. Narasumber pertama yaitu Aron Kuncoro, S.E., Manager di BRI Syariah dan yang kedua Iskak S.H.I, Kepala KUA Kecamatan Purwokerto Utara. Dua narasumber dengan dua latar belakang yang berbeda tersebut dihadirkan menyesuaikan kopetensi mahasiswa dari dua program studi yang akan menjalani magang, yakni prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan prodi Hukum Keluarga (HK).

Materi yang disampaikan adalah seputar keahlian yang dibutuhkan oleh para mahasiswa nantinya saat terjun di dunia kerja. Dari dunia perbankan syariah, narasumber menyampaikan beberapa materi di antaranya meliputi: Kedudukan hukum dan arah pengembangan lembaga keuangan syariah, produk-produk lembaga keuangan syariah, sistem opersional lembaga keuangan syariah, bentuk-bentuk akad pembiayaan pada lembaga keuangan syariah dan permasalahan yuridis dan solusinya di dalam akad pembiayaan pada lembaga keuangan syariah.

Selanjutnya untuk bekal mahasiswa dari prodi HK, narasumber menyampaikan materi terkait administrasi di Kantor Urusan Agama (KUA). Di antaranya yaitu: prosedur pendaftaran pernikahan, syarat administratif, pemeriksaan calon pengantin, praktik pernikahan, seputar ta’lik talak, tugas dan fungsi BP 4, pendaftaran wakaf dan sertifikasi wakaf, pembinaan kemasjidan, dan administrasi KUA.

Kegiatan pembekalan ini sifatnya wajib bagi para calon peserta magang. Harapannya, mereka akan benar-benar siap saat terjun langsung di dunia kerja dan mampu mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di dalam kelas.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply